REGIONALStartup

APEL BULAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) NASIONAL TAHUN 2024

BOROKO,FORKOTNews-Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara Sirajudin Lasena, SE, M.Ec. Dev., di wakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra SETDA Rachmat R. Pontoh, SH, M.Si Mengkuti Apel Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja ( K3 ) Nasional Tahun 2024, bertempat di Lapangan Upacara PT. Geothermal Energy ( PGE ) Area Lahendong, Jl. Raya Tomohon No. 420, Kel. Kolongan satu, Kec. Tomohon selatan, Kota Tomohon,Rabu (07.02.2024)

Dalam Sambutan Menteri Ketenagakerjaan RI yang di bacakan Wakil Gubernur Drs. Steven O.E Kandow, Menyampaikan di Tingkat Internasional indonesia telah membuat Komitmen yang sangat kuat untuk mewujudkan pekerjaan layak dan memainkan peran penting Guna memastikan bahwa persoalan ketenagakerjaan dan tenaga kerja di masukkan dalam Sustainable Developments Goals ( SDGs ).

Berdasarkan laporan tahunan BPJS Ketenagakerjaan 3 ( tiga ) Tahun Terakhir, data jumlah kecelakaan kerja ( termasuk di antaranya penyakit akibat kerja atw PAK ) di ketahui terus meningkat, Pada tahun 2021 angka kecelakaan kerja berjumlah 234.371 kasus, Tahun 2022 angka kecelakaan kerja 298.137 kasus, sedangkan Tahun terbaru 2023 sampai dengan bulan Oktober jumlah kecelakaan kerja meningkat sebesar 315.579 kasus.

Dengan data tersebut, menjadi indikasi bahwa pelaksanaan K3 harus makin menjadi perhatian dan prioritas bagi dunia kerja di Indonesia. Oleh sebab itu di harapkan kepada seluruh lapisan masyarakat, baik masyarakat umum, Industri, para cendekiawan, akademisi, organisasi profesi, asosiasi dan pihak – pihak lainnya dapat termotivasi untuk berperan aktif dalam peningkatan pemasyarakatan K3.

Dalam kegiatan tersebut di rangkaikan dengan Pemberian Penghargaan Kepada Perusahaan – perusahaan yang telah menerapkan Keselamatan dan kesehatan Kerja ( K3 ), Penghargaan Sistem Manajemen keselamatan dan kesehatan Kerja ( SMK3 Award ), Kecelakaan Nihil ( Zero Accident Award ), Program pencegahan dan Penanggulangan HIV – AIDS, Juga di ketahui pada kesempatan tersebut Pj. Bupati Bolmut menerima Piagam penghargaan atas prestasinya dalam membina program keselamatan kerja ( K3 ) Tahun 2023 dengan Baik, Yang di serahkan oleh Wakil Gubernur sulut kepada Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kab Bolmut.

Kegiatan ini di hadiri oleh, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Prov. Sulut, Bupati / Walikota se – Sulut / mewakili, Para pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkup Pemerintah Prov. Sulut, Para Pimpinan Perguruan Tinggi, Para Pejabat Lingkup Pemerintah Kabupaten/ Kota, Para Pimpinan Asosiasi Pengusaha tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota, Para Pimpinan serikat/buruh tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota, dan Para Pimpinan Perusahaan dan Pekerja.,**

[Olviart Pontoh]

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button